Rumah Budaya Tembi: Destinasi Wisata Budaya yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

Posted on

Rumah Budaya Tembi: Destinasi Wisata Budaya yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Tak hanya terkenal dengan keraton, tari-tarian tradisional, dan kuliner khasnya saja, namun juga banyak destinasi wisata budaya yang dapat dikunjungi di Yogyakarta. Salah satunya adalah Rumah Budaya Tembi.

Rumah Budaya Tembi berlokasi di daerah Tembi, Yogyakarta dan berdiri di atas lahan seluas 2.500 meter persegi. Tempat ini awalnya adalah sebuah rumah tua yang kemudian diubah menjadi tempat wisata budaya oleh sang pemilik, Mbak Lies.

Di Rumah Budaya Tembi, pengunjung dapat menikmati berbagai acara budaya seperti pertunjukan tari tradisional, musik gamelan, dan pertunjukan wayang kulit. Pengunjung juga dapat belajar membuat kerajinan tangan seperti batik, anyaman, dan ukiran kayu dari para pengrajin lokal.

Selain itu, Rumah Budaya Tembi juga memiliki galeri seni yang menampilkan karya seniman lokal. Galeri ini seringkali digunakan sebagai tempat pameran seni dan juga lokasi pembuatan film.

Tak hanya itu, Rumah Budaya Tembi juga memiliki kebun yang dihuni oleh berbagai jenis tanaman obat tradisional. Pengunjung dapat berkeliling kebun untuk belajar tentang jenis-jenis tanaman obat tradisional dan manfaatnya bagi kesehatan.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman menginap di rumah tradisional Jawa, Rumah Budaya Tembi juga menyediakan penginapan dengan konsep homestay. Pengunjung dapat merasakan suasana yang autentik dari rumah tradisional Jawa yang masih asli.

Tak hanya memberikan pengalaman wisata budaya yang beragam, Rumah Budaya Tembi juga memiliki misi untuk melestarikan budaya Jawa dan mendukung pengembangan ekonomi lokal. Dengan membuka Rumah Budaya Tembi sebagai destinasi wisata budaya, Mbak Lies juga memberikan peluang kepada para pengrajin dan seniman lokal untuk menampilkan karya mereka dan mempromosikan budaya Jawa.

Rumah Budaya Tembi buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk ke Rumah Budaya Tembi dibanderol seharga Rp50.000 per orang, sementara untuk penginapan di homestay dibanderol seharga Rp750.000 per malam.

Berkunjung ke Rumah Budaya Tembi akan memberikan pengalaman wisata budaya yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Selain itu, dengan mengunjungi tempat wisata budaya lokal seperti Rumah Budaya Tembi, kita juga turut mendukung pelestarian budaya dan pengembangan ekonomi lokal. Jadi, jangan lupa kunjungi Rumah Budaya Tembi saat berkunjung ke Yogyakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *