Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Posted on

Gumuk Pasir Parangkusumo, juga dikenal dengan sebutan Gumuk Pasir Parangtritis, adalah salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta. Terletak di Pantai Parangkusumo, kawasan ini menawarkan pengalaman yang berbeda dan unik bagi para pengunjungnya.

Gumuk Pasir Parangkusumo terdiri dari gundukan pasir yang terbentuk akibat pengikisan angin selama bertahun-tahun. Pasir yang berwarna cokelat kekuningan ini membentuk pola yang unik dan terlihat seperti ombak laut yang bergelombang. Tidak hanya itu, di sekitar gumuk pasir juga terdapat lautan yang biru dan panorama pegunungan menakjubkan yang menjadi latar belakang.

Salah satu aktivitas yang populer di Gumuk Pasir Parangkusumo adalah bermain sandboarding atau gliding di atas pasir. Pengunjung dapat menyewa papan seluncur dan menikmati sensasi menggelinding di atas pasir yang membentuk gundukan tinggi. Pengalaman yang unik ini cocok bagi mereka yang mencari tantangan baru dan ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam berlibur.

Selain sandboarding, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo. Terdapat banyak area untuk berjalan-jalan atau sekedar duduk santai sambil menikmati panorama alam yang menakjubkan. Bagi mereka yang ingin menikmati keindahan panorama pegunungan, dapat menaiki kuda yang tersedia di sekitar area Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pantai Parangkusumo yang terletak di dekat Gumuk Pasir. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, serta panorama alam yang indah. Selain itu, di pantai ini juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang menjajakan berbagai hidangan lezat khas Yogyakarta.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo saat berkunjung ke Yogyakarta. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi tempat ini. Pasir yang panas dapat membuat kaki terasa tidak nyaman, sehingga disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Selain itu, di area gumuk pasir tidak ada tempat berteduh, sehingga disarankan untuk membawa payung atau topi untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan saat berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat ini merupakan warisan alam yang harus dijaga keberadaannya, sehingga selalu perhatikan kebersihan dan jangan meninggalkan sampah di area sekitar.

Secara keseluruhan, Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan tempat wisata yang menarik dan unik di Yogyakarta. Menawarkan pengalaman bermain sandboarding yang seru dan pemandangan alam yang indah, tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, tempat ini juga menyediakan banyak spot foto yang menarik, sehingga cocok untuk para pecinta fotografi.

Tidak hanya itu, saat malam hari, pengunjung dapat menikmati panorama langit yang indah di Gumuk Pasir Parangkusumo. Terdapat beberapa spot di sekitar gumuk pasir yang cocok untuk melihat bintang dan pemandangan langit malam. Aktivitas ini sangat cocok untuk mereka yang ingin merasakan suasana alam yang tenang dan damai.

Untuk mencapai Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau angkutan kota. Lokasi gumuk pasir terletak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta, sehingga dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Namun, perjalanan menuju gumuk pasir akan terasa menyenangkan karena dapat menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan.

Di area Gumuk Pasir Parangkusumo juga terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai macam suvenir dan cendera mata khas Yogyakarta, seperti batik, gantungan kunci, dan kerajinan tangan lainnya. Jangan lupa untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh sebagai kenang-kenangan dari perjalanan wisata Anda.

Dalam kesimpulannya, Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat wisata yang menarik dan unik di Yogyakarta. Dengan menawarkan pengalaman bermain sandboarding yang seru dan pemandangan alam yang indah, tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Namun, perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama berkunjung ke tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *